Selasa, 23 Desember 2014

MENGANTUK

MENGANTUK. . .WAJAR TIDAK YA? ? ?


Mengantuk adalah hal yang biasa dialami jika keadaan tubuh dalam kondisi istirahat. Yang artinya tubuh dalam keadaan maksimal sehingga perlu relaksasi sejenak untuk mengurangi ketegangan. Seringkali mengantuk diidentikkan dengan adanya gangguan tidur. Perlu diketahui bahwa saat mengantuk peredaran darah yang mengandung banyak Oksigen ke otak sedang berkurang. Sehingga timbul rasa lelah dan pening di kepala.
Selain karena pasokan Oksigen dalam darah berkurang ke otak.Mengantuk juga dapat menjadi suatu pertanda bahwa tubuh sedang sakit.Berikut ini merupakan penyakit yang membuat mudah mengantuk:
1. Anemia
Kekurangan darah akan menyebabkan tubuh kekurangan zat besi, sel darah merah yang diperlukan tubuh untuk mengangkut oksigen ke jaringan dan organ tubuh kalian pun menjadi berkurang. Oleh karena itulah seseorang akan merasa ngantuk.
2. Diabetes
Seorang yang menderita diabetes tipe 2 akan memiliki tingkat glukosa yang tinggi, penyebabnya adalah karena tubuhnya tidak dapat mengubah glukosa menjadi energi sehingga tingkat kadar glukosa dalam tubuh menjadi tinggi. Nah, karena itulah jika seseorang merupakan penderita diabetes tipe 2 maka dia akan merasa lelah dan mengantuk sepanjang waktu.
3.Hipotiroid (menurunnya produksi hormon tiroid)
Tiroid merupakan suatu kelenjar kecil yang terdapat pada dasar leher. Fungsi dari Tiroid ini adalah untuk mengontrol metabolisme dan kecepatan dalam mengubah bahan bakar alias makanan menjadi energi bagi tubuh kalian. Ketika Tiroid ini kurang aktif dan fungsi metabolisme seseorang menjadi lambat, maka badan kalian akan terasa lemas dan mata akan merasa ngantuk.
4. Depresi
Depresi ini tidak hanya akan menyebabkan gangguan emosi pada manusia tetapi juga bisa menyebabkan gangguan fisik pada tubuh kalian. Beberapa gejala apabila seseorang terkena depresi adalah selalu mengantuk, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan.
5. Dehidrasi
Kelelahan dan rasa kantuk bisa jadi merupakan tanda-tanda tubuh sedang mengalami dehidrasi.
6. Gangguan tidur
Gangguan tidur seperti insomnia juga dapat menyebabkan kenapa mata terus mengantuk. Jika seseorang terkena insomnia atau sleep apnea maka sistem pernapasan dapat terhambat. Efeknya sudah jelas yaitu kelelahan dan selalu merasa ngantuk.
7. Penyakit jantung
Jika sering merasa mudah kelelahan dan mengantuk di dalam kegiatan kalian sehari-hari, lebih baik melakukan check up untuk memastikan bahwa jantung dalam keadaan sehat. Selalu mengantuk itu ternyata bisa jadi pertanda awal dari penyakit jantung.
8. Sindrom kelelahan kronis
Lelah memang biasanya hilang setelah istirahat atau tidur. Tapi jika sudah kena sindrom kelelahan kronis atau chronic fatigue syndrome, lelah yang dirasakan oleh tubuh tidak akan cepat pulih. Biasanya penderita sindrom ini ditandai dengan gejala kelesuan, mengantuk, gampang marah, nyeri otot, atau bahkan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan hilangnya memori,


4 komentar:

  1. wah,, saya jdi tw..
    mudah mengantuk trxata indikasikan penyakit berbahaya..

    BalasHapus
  2. Wah artikelnya bagus, memberikan informasi lebih, dan artikelnya layak untuk dipublikasikan. terima kasih :D

    BalasHapus
  3. Ini infonya lengkap sekali.. Bermanfaat buat nambah pengetahuan.. Sayang sekali, sumber belum dicantumkan.. :0

    BalasHapus
  4. Wah artikel ini bagus sekali, terimakasih informasinya

    BalasHapus