Selasa, 23 Desember 2014

BAKTERI JAHAT

LAWAN BAKTERI JAHAT DI TANGAN


Tangan merupakan media paling baik untuk transportasi bakteri. Dari tangan inilah, banyak bakteri masuk ke tubuh baik ke mata, mulut, hidung, kulit, secara langsung mau pun tidak langsung melalui makanan dan minuman. Pada tangan yang kotor, bukan hanya bakteri yang menjadi penghuninya, tapi juga virus, jamur, parasit. 
Menurut situs Hand Hygiene Europe, manusia memiliki sekitar 2 hingga 10 juta bakteri di antara ujung jari dan siku. Tangan basah menyebarkan kuman 1.000 kali lebih banyak daripada tangan kering. Jumlah kuman pada ujung jari bertambah dua kali lipat setelah menggunakan toilet. Kuman dapat bertahan hidup di tangan sampai tiga jam.
Bahkan hasil penelitian medis menunjukkan, area di balik kuku adalah tempat yang paling banyak menyimpan kuman. Beragam kuman yang dapat hidup di balik kuku, antara lain Staphylococcus, Acinetobacter, Enterobacter, Klebsiella, Aeromonas, Serratio, serta jamur, seperti Candida.
Departemen Kesehatan Rhode Island, Amerika Serikat, mengatakan bahwa kebersihan tangan yang tidak memadai menyebabkan terjadinya 1 dari 4 kasus kesehatan yang ditularkan melalui makanan. Hal ini karena pengolahan bahan makanan yang tidak higienis, sehingga terjadi penyebaran wabah penyakit oleh bakteri salmonela.

Salah satu cara untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam tubuh adalah dengan mencuci tangan. Namun, mencuci tangan dengan air saja tidak cukup, karena lemak dan kotoran masih menempel di tangan. Sabun akan membawa serta semua kotoran dan lemak yang lengket dan kerap sulit dihilangkan menggunakan air saja. Sabun juga akan membunuh kuman-kuman yang menempel di tangan. Artinya, akan mencegah timbulnya berbagai penyakit yang disebabkan kuman, seperti radang tenggorokan, masalah saluran pernapasan, disentri, diare, iritasi kulit, biang keringat, mata merah, jerawat, bau badan, dan tifus.
Mengutip data WHO, perilaku mencuci tangan memakai sabun mampu mengurangi angka kasus diare hingga 45%. Selain itu, kebiasaan sehat ini dapat pula mencegah penyebaran penyakit cacingan, serta menurunkan kasus infeksi saluran pernapasan akut dan flu burung hingga 50%. Penyakit mata dan infeksi kulit   juga dapat dicegah.

Cara membersihkan tangan yang benar:
1. Membasahi kedua tangan dengan air mengalir.
2. Beri sabun secukupnya.
3. Gosok kedua telapak tangan dan punggung tangan.
4. Gosok sela jari dengan kedua tangan.
5. Gosok kedua telapak dengan jari-jari rapat.
6. Jari-jari tangan dirapatkan sambil digosok ke telapan tangan. Tangan kiri ke kanan dan sebaliknya.
7. Gosok ibu jari secara berputar dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya.
8. Gosokkan kuku jari kanan memutar ke telapak tangan kiri dan sebaliknya.
9. Basuh dengan air.
10. Keringkan tangan dengan handuk atau tisu.
11. Matikan keran air dengan handuk atau tisu.
12. Tangan bersih.





7 komentar:

  1. artikelnya sangat menarik dan bermanfaat ,khususnya bagi pembaca serta bisa menambah literasi sains. jazaaakumullah. :)

    BalasHapus
  2. informasinya menarik dan manfaat untuk menambah wawasan. ada gambar-gambar nya juga. saran saja untuk menambah sumbernya

    BalasHapus
  3. infonya menarik sekali ,, terima kasih karena telah menambah wawasan kepada saya :)

    BalasHapus
  4. Artikelnya bermanfaat sekali.. bagus.. Lanjutkan nulis lagi ya!
    Tapi sumbernya mana ini? :)

    BalasHapus
  5. artikelnya sangat menarik sekali dan bermanfaat bagi pembaca.. terimakasih:)

    BalasHapus
  6. info yang menarik dan menambah wawasan, tapi kok tidak ada sumbernya???

    BalasHapus
  7. great article, kakak.. :D izin share yaa...

    BalasHapus