Selasa, 23 Desember 2014

MAKAN SEHAT

MAKAN DENGAN TANGAN LEBIH SEHAT. .  SELAIN ITU JUGA SUNAH LHO!!!


Makan menggunakan tangan merupakan hal yang wajar ditemui dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Sebagian besar orang berpendapat bahwa makan menggunakan tangan menyebabkan makanan yang dimakan menjadi lebih lezat dan nikmat. Namun ada juga orang yang berpendapat bahwa makan menggunakan tangan merupakan hal yang “tidak higienis”. Tapi apa benar seperti itu?
Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui kelebihan makan menggunakan tangan.  Dari sana didapatkan fakta menarik tentang kelebihan makan menggunakan tangan. Selain itu hal tersebut tertuang dalam sabda Rasulullah “jika satu suap makanan salah seorang diantara kalian jatuh, ambillah, lalu bersihkan kotorannya, jangan biarkan untuk setan. Jangan membersihkan tangannya dengan sapu tangan, namun jilatlah jari-jarinya karena dia tidak mengetahui bagian mana dari makanannya yang mengandung keberkahan. (HR Muslim). Sabda selanjutnya, Rasulullah SAW selalu makan dengan ketiga jarinya. Setelah selesai makan, Rasulullah SAW pun akan menjilati ketiga jarinya itu. (HR Muslim) .
Mungkin pada awalnya orang-orang akan menganggap bahwa makan dengan menggunakan tangan merupakan hal yang kuno. Namun pasti ada suatu hal yang lebih utama dari apa yang disabdakan Rasulullah SAW.
Makan dengan menggunakan tangan langsung tentu akan melakukan kontak langsung dengan makanan sebelum memasuk ke dalam mulut. Ujung-ujung pada saraf jari-jari dapat merasakan suhu dan juga tekstur makanan sehingga bisa mempersiapkan otak untuk menerima makanan yang akan masuk dalam tubuh. 
Tangan mengandung enzim RNAase yang disekresikan oleh tangan. Enzim ini berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh dan proteksi terhadap bakteri. Enzim ini selalu disekresikan. Ketika tangan kotor, enzim ini sedang mengikat bakteri sehingga aktifitas bakteri itu tidak dapat maksimal. Namun jika sangat kotor maka persentase bakteri akan jauh lebih besar sehingga bakteri akan menaklukan pengaruh dari RNAase.
Tidak hanya itu saja Selain itu tubuh akan lebih bisa siap untuk memicu pelepasan cairan pencernaan dan juga enzim yang tepat. Dan dengan makan menggunakan tangan maka suhu makanan dapat dicek secara langsung sebelum masuk kedalam mulut, Jari-jari juga bisa merasakan jika makanan terlalu panas untuk masuk dalam mulut. Saat makan menggunakan sendok, mungkin panas makanan tidak dapat diukur dan disesuaikan dengan mulut.
Tubuh manusia diperkirakan memiliki jenis bakteri tertentu yang dapat melindungi dari bakteri berbahaya yang beredar di lingkungan. Bakteri baik ini berada di bagian tubuh tertentu seperti tangan, mulut, tenggorokan, usus dan sisanya dari sistem pencernaan manusia. Saat makan dengan menggunakan tangan, bakteri baik akan ikut masuk dan memerangi bakteri jahat dalam tubuh. Dengan menjaga kebersihan tangan dengan melakukan cuci tangan sebelum makan.
Saat makan dengan sendok dan juga garpu, saat itu merupakan proses yang lebih mekanis daripada saat makan dengan tangan.  Ketika makan dengan tangan, maka harus benar-benar memperhatikan apa yang dimakan. Selain itu juga akan lebih sadar dengan apa yang masuk dalam mulut dan bisa mengontrolnya. Bagi yang sedang melaksanakan diet makan dengan tangan ini akan membantu program diet tersebut.
Hal ini terbukti, meskipun bukan dari penelitian ilmiah akan tetapi berdasarkan pengamatan pada masyarakat pedalaman merasakan bahwa ketika menggunakan tangan untuk makan ternyata bisa terhindar dari penyakit penyakit radang usus, ambeyen maupun sembelit, hal ini disebabkan karena makanan dalam alat pencernaan kita dengan mudah dicerna dan dihancurkan sehingga memudahkan proses penyerapan nutrisi sekaligus mempermudah mengeluarkan kotoran tanpa kesulitan dan tanpa membutuhkan obat pencahar. Begitu sebaliknya era modern saat ini justru banyak sekali masyarakat yang terkena penyakit pada pencernaan dan yang lebih umum adalah penyakit susah buang air besar (sembelit) bahkan ada yang lebih parah menjadi penyakit turun berok (ambeyen) karena tidak lancarnya usus dalam mengeluarkan sisa-sisa hasil pencernaan.

         Makan menggunakan tangan sangat dianjurkan jika ingin hidup lebih sehat. Namun jangan lupa untuk mencuci tangan sebelm makan ya! Agar tidak terserang penyakit!

5 komentar:

  1. info yang menarik sekali gan...saya baru mengetahui terkait fakta ini..
    izin share ya
    :D

    BalasHapus
  2. trxata ajaran islam baik jika dilihat dari sisi kesehatan..

    BalasHapus
  3. wah infonya keren. daebek. gomawo eonni :D

    BalasHapus
  4. Infonya menarik sekali. Bermanfaat.. Sippp2, Good job deh! :)

    BalasHapus
  5. Infonya sangat bermanfaat, saya suka makan dengan tangan langsung waktu makan penyetan, tapi saya tidak tahu bahwa manfaatnya begitu besar, trimakasih :)

    BalasHapus