Selasa, 23 Desember 2014

Awan

AWAN PUTIH DAN AWAN KELABU

Awan adalah kumpulan uap air atau kristal es yang terapung di atmosfer. Bentuk awan seperti asap berwarna putih atau kelabu di langit. yang terjadi karena adanya pengembunan/pemadatan uap air yang terdapat dalam udara setelah melampaui keadaan jenuh. Awan adalah cikal-bakal terjadinya hujan, namun bisa atau tidaknya awan menimbulkan hujan tergantung pada musim. Kondisi awan dapat berupa cair, gas, atau padat karena sangat dipengaruhi oleh keadaan suhu.
Warna awan sangat dipengaruhi oleh Matahari, selain itu juga dipengaruhi oleh materi yang dikandung atau tercampur dalam kumpulan uap air seperti polutan. 
Awan yang berwarna putih disebabkan karena mengandung uap air. Bila sinar Matahari menimpa awan, air di dalam awan dapat memantulkan sinar Matahari atau menyerapnya. Efeknya akan menipiskan atau mencairkan kekuatan cahaya Matahari yang menembus awan.
Awan yang berwarna kelabu disebabkan karena jumlah cahaya yang keluar daripada awan lebih kecil daripada cahaya yang masuk ke awan, sehingga  awan terlihat berwarna kelabu dan gelap dibandingkan dengan benda lain yang di lihat. Warna kelabu yang nampak sebenarnya adalah "putih gelap". Selain itu warna kelabu pada awan dipengaruhi oleh ketebalan atau ketinggiannya. Artinya, awan yang semakin tebal dan padat disebabkan karena mengandung lebih banyak butiran air dan kristal es. Semakin tebal butiran uap air yang berkumpul, semakin banyak cahaya yang disebarkan. Akibatnya, semakin berkurang intensitas cahaya yang melewatinya.

Ini membuat partikel-partikel di bagian bawah awan hujan, tidak memiliki banyak cahaya untuk disebarkan ke mata. Akibatnya, bagian bawah dari awan tersebut akan terlihat berwarna abu-abu.

5 komentar:

  1. artikelnya sangat menarik dan bermanfaat ,khususnya bagi pembaca serta bisa menambah literasi sains. jazaaakumullah. :)

    BalasHapus
  2. wah menarik sekali artikelnya, judulnya seperti puisi hehhe,
    informasinya manfaat untuk pembaca buat menambah referensi

    BalasHapus
  3. atikelnya menarik..
    jadi tw tentang awan hitam dan awan putih..

    BalasHapus
  4. Wah artikelnya bagus, memberikan informasi lebih. terima kasih kakak :D

    BalasHapus
  5. Artikelnya bagus, slama ini saya hanya melihat awan tanpa berpikir lebih jauh tentang awan, trimkasih infonya

    BalasHapus